FOLLOW OUR FANSPAGE FACEBOOK

SUGGEST POST

Asal Usul Meme Tuman yang Viral di Medsos

Meme TUMAN


Home // Daftar Isi // AFadilM
--------------------------------------------------------------
     Tahun 2019 akhir-akhir ini, publik Indonesia dihebohkan tentang meme-meme 2 orang botak (gundul) yang saling tampar-menampar secara bergantian dengan mengatakan kalimat menyindir perilaku lawan bicaranya yang menusuk hati serta selalu diakhiri kata 'TUMAN'. Seperti contoh : "Kog bendino dolan dewe wae, yankmu nangndi?, TUMAN!. (Terjemahan : Kog setiap hari pergi sendirian aja, pacarmu mana?, TUMAN!)." Tetapi semakin kesini, meme tuman mengalami perubahan bentuk, ada yang gondrong, ada yang pakai peci, ada yang menampar, ada yang merangkul, dsb. Mungkin, salah satu dari Anda merasa asing tentang kata tuman yang viral di media sosial (medsos) belakangan ini dan bertanya-tanya 'apa yang dimaksud tuman itu?'; 'Apa yang menjadi latar belakang meme tuman?'; 'Bagaimana asal usul meme tuman?'; 'Bagaimana asal mula meme tuman?'; 'Bagaimana asal muasal meme tuman?' Serta pertanyaan-pertanyaan lain yang mengganjal. Untuk mencerahkan kebingungan sobat AFadilM tentang TUMAN, AFadilM akan mencoba mengulas TUMAN secara tajam.

===========================


===========================

     Tuman adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa terbiasa melakukan suatu hal secara berulang-ulang karena merasa bahagia, damai, gemar, dan senang melakukan kegiatan tersebut baik suatu kegiatan yang baik ataupun kegiatan yang buruk. Sedangkan pengertian dan definisi TUMAN menurut para ahli lain sebagai berikut :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
   "Tuman adalah menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya: agar tidak -- berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat."

Menurut Bahasa Jawa (Basa Jawa)
   "Tuman (Krama/ngoko : manuh) adalah manuh (matuh, kumudu ngrasakake manèh) marga wis tau ngrasakake enake (kêpenake)."

Menurut Bahasa Sunda
  "Tuman adalah ungkapan kata, yang dimana di tujukan untuk orang-orang yang sudah terbiasa. Maksud terbiasa yang sudah saya katakan bisa di dalam hal apapun, kata atau bahasa."

Menurut Bahasa Banyumas (Basa Ngapak Banyumas)
   "Tuman adalah Terbiasa; ketumanen ketagihan; anake aja cokan dewarahi jajan, dadi tuman (anakmu jangan diajari membeli jajan, nanti menjadi kebiasaan); bareng nicipi sepisan dadi ketumanen (setelah mencoba sekali jadi ketagihan)."

     Pada umumnya, istilah tuman dalam Bahasa Jawa ini berlaku bagi seorang yang memiliki sikap buruk, seperti rasa malas. Sehingga masyarakat banyak yang menggunakan kata tuman untuk memberikan sebuah nasehat atau himbauan terhadap seseorang yang tidak sanggup mengubah dirinya. Begitu juga dalam Bahasa Sunda.



Meme Tuman Basa Jawa


     Tidak lengkap juga jika AFadilM tidak memberikan contoh penggunaan kata tuman (kumpulan meme tuman yang lucu) seperti berikut ini :
Contoh penggunaan kata Tuman di dalam Bahasa Jawa
   "Anakmu aja diwarahi jajan, mengko ndak Tuman." (Artinya : Anakmu jangan diajari membeli makanan, nanti menjadi kebiasaan.)

Contoh penggunaan kata Tuman di dalam Bahasa Sunda
   "Muhun, Dono mah tos tuman mam di buri sekolah." (Artinya : iya, Dono sudah biasa makan di belakang sekolah.)

     Adapun kata Tuman selanjutnya masih dalam bahasa yang sama, di tambahkan nen, jadi Tuman-nen, artinya rasain atau biarin, atau ungkapan kata yang mengandung kekesalan atau rasa kesal terhadap orang itu.
Contoh penggunaan kata Tumanen
Bahasa Jawa
   "Bareng nyicipi sepisan dadi ketumanen." (Artinya : setelah mencoba sekali jadi ketagihan.)

Bahasa Sunda
   "Tumanen jalmi kos kitu mah nyeri oge." (Artinya : Biarin orang kaya gitu mah sakit juga.)

● FUNGSI KATA TUMAN
     Pada meme-meme, kata Tuman biasanya digunakan sebagai hashtag saat mengungkapkan kata, seperti menasehati, meminjam barang, menyindir, ngeluh, atau yang lainnya yang mungkin sering kalian lihat, terutama di sosial media. Kata Tuman di dalam meme biasanya mengandung ungkapan kekesalan.

     Demikian artikel tentang 'Asal Usul Meme Tuman yang Viral di Medsos'. Semoga artikel yang dibagikan AFadilM ini menjadi manfaat bagi yang membacanya sehingga menambah wawasan literasi sobat AFadilM. Jika ada kurang atau lebih saat penyampaikan artikel ini, AFadilM mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih telah mengunjungi AFadilM, dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel AFadilM yang lain. Serta jika berkenan dimohon untuk follow, like, dan share artikel kami.

RELATED POSTS

loading...

Comments