FOLLOW OUR FANSPAGE FACEBOOK

SUGGEST POST

Kisah Sukses Pendiri Ruangguru yang Menginspirasi

Dua Anak Muda Indonesia Pendiri Ruangguru.com
Belva Devara (Kiri) dan Iman Usman (Kanan)


Home // Daftar Isi // AFadilM
-----------------------------------------------------------
       Dewasa ini, Indonesia mulai berlahiran putra-putri terbaik yang mengharumkan nama Indonesia baik di bidang jasmani maupun rohani. AFadilM disini menyoroti berbagai prestasi-prestasi pemuda - pemudi Indonesia baik muda, tua, anak-anak, remaja, laki-laki, perempuan, pria, wanita, tampan, dan cantik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dan membantu dalam peningkatan devisa negara. Di bidang olahraga, putra-putri bangsa Indonesia dapat menduduki peringkat ke-4 dalam kejuaraan ASIAN GAMES 2018 Jakarta-Palembang.

       Di bidang militer, kontingen TNI AD (Angkatan darat) untuk keduabelas kalinya berturut-turut menjadi juara umum lomba menembak antarnegara AASAM (Australian Army of Skill Arms at Meeting) tahun 2019. Di bidang pemerintahan, Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI) berhasil mendapat penghargaan-penghargaan dari luar negeri, diantaranya Pada 11 Februari 2018 dinobatkan sebagai menteri terbaik di dunia versi World Government Summit di Dubai. Beliau juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik pada Oktober 2018 versi majalah Global Markets. Selain itu, di tahun 2019, majalah keuangan The Banker menyematkan penghargaan menteri keuangan terbaik di dunia kepada Sri Mulyani.

       Putera-puteri berprestasi Indonesia juga mulai membuat kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), salah satu contohnya adalah gencarnya pendirian startup - startup oleh anak bangsa Indonesia (NKRI) bahkan hingga berkembang dan berevolusi menjadi unicorn yang memiliki valuasi (nilai perusahaan) diatas USD 1 miliar.  Nadiem Makarim, pendiri dan CEO (Chief Executive Officer) dari GO-JEK; Achmad Zaky, salah satu pendiri dan CEO dari Bukalapak; William Tanuwijaya, CEO dan salah satu pendiri dari Tokopedia; Ferry Unardi, CEO sekaligus salah satu pendiri dari Traveloka merupakan beberapa anak muda Indonesia yang sangat berkontribusi untuk kemandirian Indonesia dan guna bersaing dengan perusahaan startup-startup dari negara lain yang dapat menambah devisa negara.

       Dan di waktu ini sedang berkembangnya karya anak muda berusia kurang dari 30 tahun, yakni perusahaan startup Ruangguru.com oleh Belva Devara sebagai CEO dan Iman Usman sebagai CPO, keduanya merupakan pendiri Ruangguru baik apk dan app. Ruangguru atau PT Ruang Raya Indonesia berdiri pada tanggal 21 April 2014 bebarengan dengan peringatan Hari Kartini, sebagai perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi. Untuk menambah pengetahuan Pemirsa AFadilM mengenai Ruang Guru, disini akan dibahas oleh AFadilM.

       Pasti diantara Anda ada yang belum mengetahui Ruangguru sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan dibenak Kalian seperti apakah itu Ruangguru.com (RG)?, fitur apa yang dimiliki Ruangguru (RG)?, siapakah pendiri Ruangguru (RG)?, bagaimana Ruangguru (RG) bisa berhasil dan sukses?, motivasi dan inspirasi apa sehingga Iman Usman dan Belva Devara mendirikan Ruangguru (RG)?, bagaimana asal mula berdirinya Ruangguru (RG)?, bagaimana asal muasal berdirinya Ruangguru (RG)?, Siapakah Iman Usman dan Belva Devara?, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Nah disini AFadilM akan membuat artikel 'Kisah Inspiratif Dua Anak Bangsa Indonesia yang Sukses Mendirikan Ruangguru'

===========================


===========================

A. Latar Belakang Ide Berdirinya Ruangguru.com
     Asal usul berdirinya Ruangguru.com diawali dari kesulitan Muhammad Iman Usman kelahiran Padang dan Adamas Belva Syah Devara kelahiran Jakarta dalam mencari guru privat. Tahun 2013 Usman dan Belva akan menghadapi tes dan mereka merasa membutuhkan guru privat untuk membimbing mereka. Akhirnya Belva dan Usman mencari guru privat melalui jejaring internet ternyata sulit untuk diketemukan.

     Mereka yang saling bersahabat mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di USA. Iman Usman mendapatkan kesempatan di Columbia University, New York, sedangkan Belva Devara mendapatkan kesempatan di program gelar ganda di Harvard University, Cambridge, Massachusetts dan Stanford University, Palo Alto, California sekaligus.

     Dalam proses pencarian mencari tutor, Iman Usman kelahiran Sumatera Barat dan Belva Devara kelahiran Jakarta mempunyai pikiran bahwa masalah mereka bisa jadi menjadi masalah yang besar bagi orangtua dan pelajar di Indonesia, yakni dalam mencari guru pembimbing privat yang cocok.

     Dari hasil riset panjang dan mendalam, mereka pun menyimpulkan bahwa masih ada jutaan anak di Tanah Air yang masih bersekolah di setiap satuan pendidikan dan pasti membutuhkan guru privat. Hal ini mendorong minat mereka untuk mendirikan Ruangguru berbasis daring semakin kuat.

      Iman Usman dan Belva Devara memantapkan diri untuk menggagas pendirian Ruangguru.com seusai studinya di Amerika Serikat (USA) berakhir. Mereka mulai mendirikan Ruangguru karena menyadari bahwa itu ialah peluang yang besar karena pasarnya (market) tidak begitu efisien, sementara peminatnya banyak, hati mereka berdua pun tergerak untuk menciptakan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan belajar anak-anak didik. Mereka berdua sendiri sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia pendidikan semenjak dia masih kecil.

     Ruangguru sendiri didirikan pada April 2014 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman dengan cara patungan uang pribadi masing-masing sampai kemudian melihat perusahaan yang mereka dirikan sudah bisa dikembangkan dengan cepat, kemudian mereka berdua mencari investor.

     Dari pencarian itulah dua founder Ruangguru ini menemukan investor, seperti East Ventures, UOB Venture Management, Venturra Capital, Tanoto Foundation, dan beberapa investor lainnya. Ruangguru sendiri didikan bertujuan untuk membantu para siswa-siswi Indonesia dalam menemukan berbagai guru pembimbing tutor privat di dunia maya atau secara online. Belva dan Iman mendirikan www.Ruangguru.com saat mereka masih di kos-kosan di AS. Hingga Agustus 2014, Lebih dari seribu guru terdaftar. Pada Februari 2016, Ruang Guru memperkenalkan versi beta-nya dari aplikasi Android dan versi penuh pada bulan April 2016.

B. Apa itu Ruangguru.com?
     PT Ruang Raya Indonesia atau lebih dikenal Ruangguru (Sering disingkat RG) adalah perusahaan startup penyedia aplikasi layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi yang menghubungkan antara guru pembimbing privat dengan pelajar berbasis daring yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta hanya diperuntukkan untuk pelajar tingkat SD, SMP, SMA, dan Sederajatnya di Indonesia. Media bimbel daring privat ini akan berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui sistem manajemen belajar (LMS). Media belajar privat yang berkantorkan di bilangan Jalan Tebet Dalam Raya, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini menyasar kepada para stakeholder pendidikan, yakni murid, guru, orang tua, pemerintah, institusi dengan menggunakan proses belajar learning management system yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui Kelas Saya sehingga para murid dapat dengan mudah untuk memahami materi yang disampaikan guru pendamping Ruangguru karena pembelajarannya dapat diulang secara terus menerus sampai paham.

     Bimbel online privat ini menyediakan guru-guru pengajar yang berkualitas karena merupakan hasil seleksi ketat dan hati-hati sehingga melahirkan guru-guru ahli pada bidang pelajaran masing-masing yang berasal dari universitas-universitas ternama di dunia. Guru di Ruang Guru ini dapat memublikasikan diri dan dapat memiliki profil yang ditampilkan dengan lengkap di website. Profil guru akan ditampilkan jika murid mencari pengajar dengan kualifikasi, tarif, dan lokasi yang sesuai dengan profil guru itu. Oleh karena itu, para guru harus mendapatkan testimonial dan rating yang baik dari murid agar akun guru akan terlihat menarik. Tapi yang unik dari bekerja di Ruangguru adalah guru dapat menentukan sendiri tarif mengajarnya, jika memiliki rating yang cukup tinggi, maka dengan otomatis guru tersebut dapat berpenghasilan hingga jutaan rupiah per bulannya. Penghasilan didapat dengan bagi hasil, mitra guru mendapatkan porsi 70%-80% dan Ruangguru mendapatkan porsi 20%-30%.

     Fitur Ruangguru dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya yang dapat dikerjakan secara online melalui website ataupun aplikasinya sambil bermain game Petualangan Nusantara sehingga semakin menyenangkan.

     Inovasi Ruangguru yang lain adalah meluncurkan aplikasi mobile on-demand pembelajaran jarak jauh yang intensif untuk para pelajar. Guru pembimbing akan standby 16 jam setiap hari. Murid hanya perlu pap soal yang sulit dan mengirimkan (chat/audio call) ke guru online.

     Ruangguru.com atau RG mempresentasikan layanan dan produknya dengan sentuhan personalisasi agar siswa cepat paham konsep topik pembelajaran. Contohnya penjelasan dengan video biasanya kurang dari 10 menit legkap dengan animasi sebagai alat peraga agar konsep dapat dicerna dengan mudah.

     Dengan adanya Ruangguru.com, para siswa dapat memenuhi kebutuhan belajarnya. Pelbagai konten belajar untuk mengatasi kesulitan belajar sesuai dengan kurikulum nasional baik KTSP, K-13, dan K-13 Revisi yang didesain khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Jadi kesimpulannya bimbingan belajar ini menawarkan sejumlah program, seperti Ruangbelajar, Ruangles, Ruanglesonline, Digitalbootcamp, dan Ruanguji.

     Ringkasannya sebagai berikut, pertama, Ruangbelajar adalah fasilitas bimbingan belajar online, yang dilengkapi video animasi, latihan soal, dan pembahasan dalam bentuk infografis. Kedua, Ruangles merupakan layanan les privat di rumah. Ketiga, Ruanglesonline ialah konsultasi belajar privat online yang dapat diakses 16 jam dalam sehari, pukul 06 pagi sampai 10 malam.

     Ruangguru.com juga memberikan akses kepada para orang tua dalam memonitor perkembangan belajar anaknya sehingga orang tua dapat mengetahui jadwal privat anak mereka, melihat laporan belajar, hingga memberikan rating dan feedback kepada guru.

C. Strategi Pendiri untuk Mengembangkan Ruangguru.com agar Tetap Sukses
     Ruangguru.com (RG) telah melebarkan sayapnya hingga ke sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Sejauh ini, sudah ada kurang lebih 326 pemerintah kabupaten dan kota yang ada di provinsi telah bekerja sama dengan ruang guru.

     Untuk tetap eksis di Indonesia, Iman (salah satu pendiri Ruangguru) berpendapat akan memantapkan kualitas startup Ruangguru.com dan terus berinspirasi sehingga menciptakan hal-hal baru demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Menurut pengusaha muda ini, Ruangguru juga akan mengawasi tumbuhnya start-up - start-up pemain baru yang pasti akan lebih banyak bermunculan, walaupun saat ini memang start-up seperti ini masih sedikit.

     Tetapi wirausaha muda ini malah senang karena hadirnya startup seperti Ruangguru akan menumbuhkan ekosistem yang intinya bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan kita. Sehingga hal ini mendorong Ruangguru untuk selalu meningkatkan kualitas yang nyaman bagi pelajar agar tetap menjadi primadona. Tidak tutup kemungkinan pula Ruanguru bisa bersinergi dari satu start-up ke start-up lainnya yang fokus bergerak di bidang pendidikan. Sampai saat ini Ruangguru.com telah berpenghasilan miliaran rupiah dan ditargetkan bisa menjadi unicorn di Indonesia. 

D. Hubungan Ruangguru.com dengan Korporat dan Pemerintah
     Selain menyasar market segmen individu, startup ini juga masuk di sektor korporat dan pemerintah. Diantaranya:
1.) Di Kalangan Korporat
   Ruangguru (RG) bekerjasama dengan Pertamina (BUMN) untuk membantu memindahkan semua modul pendidikan dan pelatihan di Pertamina Corporate University ke aplikasi mobile Ruangguru yang bernama Ruangkerja. Maka karyawan Pertamina bisa belajar menggunakan pendekatan journey-based learning dan micro-learning baik di dalam negeri ataupun luar negeri sehingga dapat meningkatkan kompetensi karyawan.

   Konsep mobile-based learning ini akhirnya dikembangkan Ruangguru bersama dengan Tanoto Foundation yang menghadirkan layanan bernama Ruangbelajar for Teacher, yang bertujuan meningkatkan kemampuan para guru.

2.) Di Kalangan Pemerintah
   Ruangguru (RG) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian membuat pelatihan untuk kalangan industri kecil dan menengah. Konten pelatihannya meliputi cara pemasaran, manajemen keuangan, HAKI, sertifikasi BPOM, sertifikasi halal, dan sebagainya.

E. Penghargaan yang Didapatkan Ruangguru.com 
     Di tahun 2017, kedua pendiri situs RuangGuru.com, yakni Iman Usman dan Adamas Belva Devara, berhasil masuk ke dalam daftar Majalah Forbes Asia untuk kategori teknologi konsumen sebagai pengusaha muda yang berusia di bawah 30 tahun namun berhasil membuat perubahan menggunakan teknologi bagi masyarakat Indonesia. Iman dan Adamas menjadi satu-satunya wiraswasta asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar Forbes Asia Magazine tersebut.

     Berbagai penghargaan-penghargaan pun telah diraih Ruangguru.com, baik dalam ataupun luar negeri. Sebagai berikut.
1. Website Pendidikan Terbaik Indonesia
--> pada Bubu Awards 2015

2. Innovation to Watch
--> pada Tsinghua UNICEF Youth Innovation Forum 2015

3. Honnorable Mention
--> pada Kaizen & INSEAD & NYU Stern Education Symposium 2016

4. Indonesia's Best Social Enterprise of The Year
--> pada ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2016

5. Awardee
--> pada Google Launchpad Accelerator 2016

       Demikian artikel 'Kisah Inspiratif Dua (2) Anak Muda Indonesia yang Sukses Mendirikan Ruangguru' oleh AFadilM. Semoga semakin banyak Muhammad Iman Usman dan Adamas Belva Syah Devara yang lain di Indonesia. Karena kepeduliannya terhadap pendidikan anak dan remaja di Indonesia sangat bermanfaat dan terbukti berhasil meningkatkan kompetensi pelajar Indonesia. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi postingan AFadilM, kiranya terdapat salah kata, AFadilM mengucapkan banyak-banyak minta maaf. Semoga ilmu dan edukasi yang diposting AFadilM dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi pembacanya. Jangan lupa untuk follow, like, dan share postingan AFadilM :).

Diolah dari berbagai sumber.

RELATED POSTS

loading...

Comments